Mengenal Macam Macam Sistem Penggerak Roda Pada Mobil ,Truk dan Bus (part 4)

Standar

evoquedefender

sumber gambar ; hertsad.co.uk

Perbedaan mobil bukan hanya bisa diliat dari tampilan luar nya saja. Tetapi bisa juga diliat dari sistem sistem yang menjadi satu kesatuan dalam mobil tersebut ,termasuk sistem penggerak. Sistem penggerak pada mobil sendiri terdiri dari berbagai model, yaitu Front Wheel Drive, Rear Wheel Drive, All Wheel Drive, part time All Wheel Drive, full time All Wheel Drive dan Auto All Wheel Drive. Setelah di artikel sebelum nya kita membahas AWD dengan center differential, sekarang saat nya mengupas Part time AWD dan Full time AWD yang sering ditemui di mobil mobil untuk keperluan off road ekstrim.

Part time All Wheel Drive

fortuner

sumber gambar ; pinterest.com

Part time All Wheel Drive adalah sistem penggerak yang sering ditemui di mobil atau kendaraan berat yang memiliki kemampuan off road yang sangat baik tetapi juga memiliki harga jual yang terjangkau. Sistem penggerak ini memiliki opsi pemilihan gear ratio dan dapat diubah menjadi RWD untuk jalanan kota melalui perangkat yang bernama transfer case. Opsi pemilihan gear ratio nya sendiriĀ  yaitu 2H yang digunakan untuk jalanan kota, N untuk netral, 4H yang digunakan untuk medan off road dan 4L yang digunakan untuk medan off road yang sangat ekstrim.

transfercase

sumber gambar ; cumminsforum.com

Lay out dari sistem penggerak ini seperti layout RWD dengan transfercase untuk menghubungkan gardan depan dan belakang. Jadi setelah tenaga dari mesin disalurkan ke gearbox, harus disalurkan ke transfercase terlebih dulu untuk menggerakan semua roda apabila dibutuhkan. Biasa nya sistem penggerak model ini menggunakan limited slip differential atau pengunci differential pada gardan depan dan belakang. Jadi ,kemungkinan untuk tidak berputar nya salah satu roda saat diajak off road berat sangat dibatasi. Limited slip differential yang dipakai pun macam macam tergantung model mobil, misal nya Pajero sport menggunakan tipe torsen dan Fortuner menggunakan tipe clutch pack. Bukan hanya komponen differential bawaan pabrik, komponen pengunci differential dari aftermarket pun juga lumayan banyak. Salah satu nya yang terkenal ialah ARB Air Locker.

parts4wd.jpg

sumber gambar ; theartofmanliness.com

Contoh kendaraan yang memakai sistem penggerak ini adalah Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Hilux, Ford Everest, Suzuki Jimny, Daihatsu Taft, Mitsubishi Strada Triton, Toyota Land Cruiser dan masih banyak lagi. Hampir semua kendaraan yang memakai sistem penggerak ini diperuntukan untuk off road berat, namun ada juga yang tidak diciptakan untuk off road yaitu truk head tractor. Kegunaan sistem penggerak ini pada truk head tractor yang biasa digunakan untuk menarik trailer peti kemas ini bukan untuk off road melainkan untuk menarik beban serta menangani medan tanjakan ekstrim di jalan raya.

Kelebihan dari sistem penggerak ini adalah sistem AWD yang dapat membuat harga jual mobil lebih murah daripada AWD lain nya. Namun kekurangan nya traksi untuk jalanan dalam kota kurang, ya karna hanya menggerakan roda roda belakang saja untuk jalanan dalam kota bukan semua roda.

Full Time All Wheel Drive

LAndRoverDEFENDER

sumber gambar : landrover.com

Sistem penggerak satu ini sering ditemukan di mobil mobil off road yang harga nya lumayan mahal. Ya maklum, karena sistem penggerak model ini menawarkan traksi yang baik saat berkendara di jalanan kota. Traksi yang baik serta kemampuan off road tersebut didapatkan berkat ada nya transfer case yang dipadu center differential. Dalam sistem penggerak model ini ,tenaga yang disalurkan mesin ke gearbox dilanjutkan ke transfer case sebelum menuju center differential. Opsi gear ratio yang disediakan oleh transfercase cuma 4H, 4L dan netral. 4H biasa nya digunakan di jalan raya sedangkan 4L untuk medan off road. Biasa nya mobil mobil yang menggunakan sistem penggerak ini mempunyai pengunci untuk center differential, differential depan dan differential belakang. Baik Part time AWD maupun Full time AWD, penggunci differential dapat di kontrol langsung oleh pengemudi dan hanya digunakan saat off road.

mercedes-benz-g-class-463-g550-differential-lock-buttons

sumber gambar ; AWD wiki

Nilai plus dari sistem penggerak ini ialah traksi yang baik karna dapat menggerakan semua roda nya saat di jalan raya. Berbeda dengan Part time AWD yang malah membahayakan bila menggunakan opsi 4H ataupun 4L di jalan raya. Namun sayang, banyak nya komponen yang ada menyebabkan mobil dengan sistem AWD model ini lebih mahal dibandingkan Part time AWD. Mobil mobil yang mempunyai sistem penggerak ini ialah Land Rover Defender, Mercedes G Wagon, Hummer H3, Lada Niva dan masih banyak lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s