Macam Macam Sistem Penggerak Roda Pada Mobil, Truk dan Bus (part 2)

Standar

FwdRwdAwd

sumber gambar ; CarThrottle

Mobil sejati nya memiliki berbagai perbedaan yang tergantung pada model, manufaktur pembuat nya dan tujuan untuk apa mobil tersebut diciptakan. Perbedaan tersebut bukan hanya tampilan luar nya saja, tapi mobil juga memiliki spesifikasi yang berbeda beda termasuk sistem penggerak.

Berdasarkan dari artikel part 1 kemaren, kita mengetahui bahwa sistem penggerak terdiri bermacam macam jenis yaitu Front Wheel Drive, Rear Wheel Drive, All wheel Drive, Part Time All Wheel Drive, Full Time All Wheel Drive dan Auto All Wheel Drive. Di artikel part 2 kali ini, kita akan mengetahui lebih  lanjut tentang Rear Wheel Drive atau sistem penggerak roda belakang.

Rear Wheel Drive

toyota celica GT A20

Rear Wheel Drive atau yang disebut RWD adalah sistem penggerak yang hanya menggerakan roda roda belakang mobil saja. Sistem penggerak ini biasa nya ditemukan pada mobil mobil berperforma tinggi, mobil mewah ,mobil pengangkut barang dan mpv. Sistem RWD juga sangat mumpuni untuk digunakan untuk kompetisi drag dan drift. Sistem penggerak model ini ,biasa nya menggunakan lay out mesin yang membujur dari depan ke belakang yang mentransferkan tenaga nya ke gearbox lalu dilanjutkan ke differential gardan belakang. Tapi bukan berarti semua RWD itu menggunakan mesin dengan layout membujur. Banyak juga mobil dengan sistem penggerak ini yang mempunyai mesin melintang ,diantara nya Renault Twingo GT, Honda NSX generasi pertama, Mercedes Smart Fortwo, Lotus Elise, Toyota MR2 dan masih banyak lagi.

front-engine-rear-drive

sumber gambar ; Howacarworks.com

Kinerja mesin pada RWD lebih ringan daripada sistem penggerak lain nya. Ini bisa dianalogikan dengan seseorang yang mendorong gerobak yang panjang dan berat akan terasa lebih ringan daripada menarik gerobak yang panjang dan berat tersebut. Inilah mengapa, sistem RWD sering digunakan oleh mobil berperforma tinggi, mobil angkut barang dan kendaraan berat seperti truk dan bus. Apalagi mobil mobil tersebut pada umum nya mempunyai torsi ataupun horsepower yang besar, maka akan lebih efisien bila menggunakan sistem penggerak RWD.

Untuk mobil barang dan truk berpenggerak RWD yang mempunyai dua atau tiga buah roda belakang ,biasa nya menggunakan 2 ataupun 3 gardan penggerak yang disebut tandem live axle. Lay out dari Tandem Live Axle ini adalah tenaga dari mesin disalurkan ke gearbox lalu disalurkan lagi ke interaxle differential sebelum ke differential gardan pertama dan gardan kedua. Mengapa harus disalurkan ke interaxle differential dahulu? Ini dikarenakan untuk keamanan kendaraan ketika berbelok, sehingga pergerakan 2 roda belakang gardan pertama dan 2 roda belakang gardan kedua tidak saling mempunyai kecepatan sama saat berbelok. Apabila 2 roda gardan pertama dan 2 roda gardan kedua mempunyai kecepatan sama maka dapat menyebabkan kendaraan tergelincir dan susah dikendalikan. Cara kerja interaxle differential ,seperti lazim nya pada differential biasa adalah menggurangi kecepatan gerak roda apabila roda tersebut kehilangan traksi saat berbelok. Namun ini digunakan untuk ke 2 roda gardan pertama dan ke 2 roda gardan kedua pada tandem live axle, bukan roda kanan dan kiri seperti lazim nya differential biasa.

tandemaxle

sumber gambar ; trucktractor6x4.tpub.com

Untuk daya tahan ,sistem RWD sendiri biasa nya adalah yang terbaik apabila menggunakan layout mesin membujur apalagi  dikombinasikan dengan sistem suspensi solid axle. Sementara untuk sistem RWD yang menggunakan mesin melintang sedikit lebih baik daripada sistem FWD.

Sementara kekurangan sistem RWD adalah komponen yang lebih banyak dari FWD sehingga masih lumayan sulit untuk menekan harga jual mobil berpenggerak RWD. Selain itu RWD juga bukan sistem penggerak terbaik yang bisa membuat mobil mempunyai traksi yang baik. Walaupun RWD lebih mempunyai kemampuan off road mumpuni daripada FWD tapi bukan berarti RWD adalah sistem penggerak terbaik untuk mobil yang di desain untuk menghadapi semua medan jalan.

Mobil yang menggunakan sistem penggerak ini adalah Toyota Avanza, semua mobil pick up, semua bus dan truk, Daihatsu Terios, Mercedes E class, Mercedes C class, BMW seri 3, BMW seri 5, Toyota Kijang Innova, Daihatsu Luxio, Suzuki APV dan masih banyak lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s