Macam Macam Sistem Penggerak Roda Pada Mobil , Truk dan Bus (Part 1)

Standar

penggerak roda mobil

sumber gambar ; CarThrottle

Mobil sejati nya adalah kendaraan yang hanya terlihat sebagai kendaraan diatas ke empat roda saja. Tapi kalau ditelaah lebih dalam lagi, semua mobil bukan cuma kendaraan diatas  empat roda yang sama. Karena berbagai sistem yang menjadi kesatuan didalam mobil mempunyai perbedaan nya masing masing yang tergantung pada model dan manufaktur pembuat nya. Mulai dari jenis mesin, sistem pengereman, sistem suspensi bahkan sistem penggerak.

Nah berbicara tentang sistem penggerak mobil, tidak semua mobil mengusung sistem penggerak yang sama. Ini tergantung pada model ,kegunaan dan tujuan dari mobil tersebut. Jenis jenis sistem  penggerak roda mobil ini diantara nya adalah front wheel drive (penggerak roda depan), rear wheel drive (penggerak roda belakang), all wheel drive (penggerak semua roda) ,full time all wheel drive, part time all wheel drive dan auto all wheel drive.

Front Wheel Drive

2017-Honda-Civic-Type-R-115-1-626x383

sumber gambar ; caranddriver.com

Jenis penggerak Front Wheel Drive atau bisa disebut FWD ini, biasa nya ditemui pada mobil jenis city car, sedan, crossover, hatchback dan station wagon yang harga jual nya lumayan terjangkau. Walau saat ini banyak juga manufaktur pembuat mobil yang mengaplikasikan sistem penggerak pada mobil berjenis MPV.  Sistem penggerak FWD ini, mesin hanya menyalurkan tenaga kepada kedua roda depan. Biasa nya lay out sistem FWD ini adalah mesin yang diposisikan melintang disalurkan ke gearbox (ruang transmisi) dan differensial yang tergabung dalam transaxle. Tapi gak semua mobil dengan FWD itu mempunyai mesin yang melintang dari kanan ke kiri, tapi ada juga yang membujur dari depan ke belakang contoh nya Wartburg 353 yang berasal dari negara Jerman Timur.

frontwheeldrive

sumber gambar ; Procarcare.com

Kelebihan sistem penggerak ini adalah sedikit nya spare part yang digunakan sehingga harga mobil bisa ditekan, konsumsi bahan bakar bisa lebih irit dibanding sistem penggerak lain nya, mereduksi kehilangan tenaga dari mesin ke roda sehingga tarikan awal lebih baik.  Kekurangan nya? Sistem penggerak ini sering mengalami spin sesaat apabila di medan tanjakan ekstrim dan paling buruk bila dihadapkan dengan medan jalanan yang jelek seperti jalanan didaerah terpencil yang mayoritas jalur non aspal dan off road. Selain itu juga sistem penggerak ini ,mempunyai daya tahan yang terkenal ringkih daripada sistem penggerak lain nya. Ini dikarna kan as roda depan juga harus memikul gaya yang diterima saat roda dibelokan dan gaya yang diterima dari mesin untuk menggerakan roda depan.  Begitupun juga dengan beban dari lay out mesin melintang dan menambahkan gaya yang harus dipikul oleh as roda depan

Mobil mobil yang menggunakan sistem penggerak ini diantara nya adalah Honda Civic, Toyota Yaris, Toyota Vios ,Honda HRV, Honda CRV, Mazda CX series, Honda Jazz, Honda City, Daihatsu Ayla, Suzuki Ignis, Suzuki Baleno,  Toyota CHR dan masih banyak lagi. Untuk MPV yang menggunakan sistem penggerak ini diantara nya adalah Honda Mobilio, Toyota Alphard, Toyota Sienta, Daihatsu Sigra, Mitsubishi Xpander, Nissan Evalia, Nissan Grand Livina, Suzuki Ertiga dan masih banyak lagi.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s